Seppuku (Harakiri)


Seppuku adalah upacara untuk bunuh diri. Di luar Jepang seppuku lebih di kenal dengan Harakiri. Walaupun di Jepang sendiri istilah Harakiri di anggap sebagai istilah yang kasar. Ritual seppuku biasa memerlukan keterlibatan aktif paling tidak 2 orang, 1 orang yang mau bunuh diri, satu 0rang lagi yang bertugas untuk memenggal kepala orang yang melakukan seppuku (Kaishakunin). Dalam pemenggalan itu, leher yang di penggal tidak boleh betul-betul putus, harus ada daging yang membuat kepala tetap menempel pada tubuhnya. Sehingga yang menjadi Kaishakunin harus ahli pedang.

Seppuku biasanya dilakukan dengan upacara yang rumit. Orang yang hendak bunuh diri harus mandi dulu dan bersih-bersih, lantas memakai pakaian serba putih, makan dulu, baru sesudahnya siap-siap untuk tusuk dan iris dimulai. Duduk diam dengan Tanto diletakan di depannya.

Tanto

Orang yang melakukan seppuku menulis puisi terlebih dahulu. Setelah selesai, Tanto diambil dan di tusukan ke perut agak ke kiri selanjutnya di geser ke kanan dan sedikit ke atas agar isi perutnya keluar. Setelah itu, barulah giliran kaishakuni beraksi memenggal lehernya. Tanto bekas pakai kemudian di letakan di atas piring bekas makan tadi.

Seorang Kaishakunin hanya di berikan kepada orang yang menjaga kehormatannya, seperti seorang samurai yang tertangkap musuh, maka akan di tugaskan seseorang untuk memenggal kepalanya. Jika seorang samurai itu tukang mencuri, tukang korupsi atau penjahat lainnya, maka tidak akan di beri kaishakunin dan dia dibiarkan mati kesakitan hingga kehabisan darah. Seppuku telah dihapuskan dengan resmi sejak tahun 1873, segera setelah restorasi meiji. Tapi seppuku secara sukarela belum sepenuhnya mati.

Ada 3 motif dilakukannya seppuku:

  1. Motif harga diri.
  2. Motif malu.
  3. Motif balas dendam.

*tugas nihongaku cie (penulis) hehehe…

3 responses to this post.

  1. Posted by biday on November 20, 2011 at 12:08 am

    arigatou gozaimashita🙂

    Reply

  2. Posted by iva on March 9, 2012 at 3:46 am

    tradisi ini sungguh sangat mengerikan, tp inilah ragam yang ada di dunia

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: