Sejarah Jepang


Dahulu kepulauan Jepang bersatu dengan daratan Asia, yang lambat laun menjadi kepulauan yang termasuk zona Samudra Pasifik. Laut yang terdapat di antara daratan Asia dengan kepulauan disebut Laut Jepang yang dalamnya hanya 200 meter. Samudra Pasifik berada di sebelah timur dan selatan Jepang dengan kedalaman antara 6000 – 10.000 meter. Oleh karena itu sering terjadi gempa bumi di Jepang.

Jepang merupakan negara kepulauan yang memiliki gunung-gunung yang tinggi, 3/4 dari kepulauan ini terdiri dari pegunungan. Salah satu gunung yang tertinggi adalah gunung Fuji dengan ketinggian 3.376 meter. Pada umumnya gunung-gunung yang tertinggi terdapat di pulau Honshu. Di antara gunung-gunung ini masih ada gunung merapi yang aktif diantaranya Aso, Mihara Asama, sedangkan gunung Fuji sudah tidak bekerja lagi.

fujuyama

Di samping terdiri dari pegunungan, kepulauan jepang memiliki banyak sungai. Sungai terpanjang pertama di jepang adalah Shinanogawa di daerah Niigata yang panjangnya 367 km.

shinanogawa

Sungai kedua terpanjang di Jepang adalah Tonegawa di daerah Kanto yang panjangnya 298 km. Pada umumnya sungai-sungai di Jepang pendek, karena pegunungannya membentang sampai ke pantai. Aliran sungai di Jepang di gunakan untuk pembangkit tenaga listrik, pertanian, industri, maupun air minum.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: