Iklim dan Musim di Jepang


Jepang adalah negara kepulauan  yang panjang dan sempit membentang dari utara ke selatan dan terdiri dari gunung-gunung yang tinggi, hal ini menyebabkan iklim di bagian utara dan selatan jauh berbeda. demikian pula iklim di derah laut Jepang dan daerah Pantai Pasifik memiliki iklim yang berbeda pula.

Pada musim panas bertiup angin dari Samudra Pasifik, sedangkan pada musim dingin bertiup angin dari Laut Jepang (dari daratan Asia), sehingga pada musim panas di daerah pantai Samudra Pasifik banyak turun hujan, sedangkan di daerah pantai Laut Jepang banyak turun hujan pada saat musim dingin tiba. Cuaca di daerah Pantai Samudra Pasifik pada musim dingin akan cerah walaupun udara sangat dingin. Sebaliknya cuaca di daerah pantai Lautan Jepang akan gelap dan suhu udara sangat dingin disertai turunnya hujan.

Suhu musim dingin di Hokkaido rata-rata di bawah nol derajat celcius, sedangkan di Kyushu rata-rata nol derajat celcius. Hal ini menyebabkan salju turun di Hokkaido dari awal musim dingin sampai akhir musim dingin yang mengakibatkan salju menjadi sangat tebal sehingga bunga sakura baru bisa berkembang pada awal bulan Mei.  Sedangkan di Kyushu salju tidak turun setiap hari (terkadang) sehingga bunga sakura bisa mulai berkembang kurang lebih pada bulan Maret.

Udara di Tokyo pada musim panas sangat panas, tetapi pada musim semi dan musim gugur cuaca cerah dan udaranya sejuk.

Jepang memiliki 4 macam musim yg di sebut shiki yaitu Haru atau musim semi  (maret, april, mei), Natsu atau musim panas (juni, juli, agustus), Aki atau musim gugur (september, oktober, november), dan Fuyu atau musim dingin (desember, januari, februari).

Di Hokkaido fuyu (musim dingin) sangat dingin, tetapi Haru (musim panas) tidak begitu panas. Di Kyushu bagian selatan dan Okinawa walaupun fuyu tidak begitu dingin dan Tsuyu (musim hujan) kemungkinan di bulan Juni. Pada musim hujan biasanya orang-orang jepang mulai menanam padi yang dituai pada akhir musim gugur. Setelah musim hujan berakhir tibalah musim panas (natsu) yang sangat panas.

Musim semi, bunga mulai berkembang, udara hangat, dan cuaca cerah, dan tibalah musim panas yang sangat panas, musim gugur daun-daun mulai berguguran udara sejuk dan cuaca menjadi agak mendung, tibalah musim dingin, daun-daun mulai menghijau, salju turun apabila suhu udara di bawah nol derajat celcius.

Daerah yang terbanyak turun salju di Jepang yaitu Niigata (daerah dekat pantai Laut Jepang). Di daerah ini setiap tahun sejak bulan November hingga bulan Aprilsalju turun terus menerus hingga mencapai ketebalan 3 – 4 meter.

Musim 1

Walaupun di Jepang memiliki 4 macam musim, tetapi pada kenyataannya di antara musim ini terdapat musim-musim sebagai berikut:

  • Haru mulai 20 februari sampai dengan 17 mei.
  • Shoka (permulaan Natsu) mulai 17 mei sampai dengan 10 juni.
  • Tsuyu ( musim hujan) mulai 10 juni sampai dengan 15 juli.
  • Natsu mulai 15 juli sampai dengan 1 september.
  • Shorin (permulaan Aki) mulai 1 september sampai dengan 10 oktober.
  • Aki mulai 10 oktober sampai dengan 20 november.
  • Shoto (permulaan Fuyu) mulai 20 november sampai dengan 1 januari.
  • Fuyu mulai 1 januari sampai dengan 20 februari.
Advertisements

50 thoughts on “Iklim dan Musim di Jepang

    1. iya,, smua daerah memiliki waktu yg sama koq.. tapi yg membedakan’a tuh cuaca dan suhu pda musim dingin tersebut,, ada yg salju’a turun trus mnerus,, tapi ada jg yg kadang2 az… 🙂

  1. Hinata Muto

    dwuh kalo di jepang enag ya..bisa ngrasain macem” musim hwehehe
    aku juga mau tuch
    cz aku penggemar brt japanese country^^

    1. itu relative.. mungkin enak tapi mungkin jg engga.. seperti saat musim panas,, cuaca akan terasa bnar2 panas,, dan kalau musim dingin pasti dngin skali,, air az jd es… tapi jujur saya jg ingin merasakan hidup di jepang… *mohon doanya* hehe 😀

  2. Dedi Supriyadi

    Saya berencana untuk ke Yokohama & Narita, kalo bulan 13-18 april 2010 kira-2 suhunya di Yokohama & Narita berapa derajat ya..??

    1. cuaca di yokohama sekarang sekitar 7,2 derajat celcius atau 45 derajat fahrenheit… kalau di narita saya kurang tau,, mungkin tidak jauh berbeda dengan yokohama… *maaf yah klo saya telat bales.. abis UTS hehe…:D

    1. 20 juni itu mash musim hujan mw ke musim semi, jadi mungkin cuaca’a sudah mnjdi hangat,. untuk suhu dlm drjat celcius saya blm tau pastinya… tapi sesegera mungkin stelah saya tau, saya akan memberi tau kmu,, mohon maaf yahh.. have a nice day.. 🙂

  3. riyan

    Kami mau pergi liburan ke Jepang tgl 29 juni selama 8 hari. Kota yang dikunjungi adalah tokyo,osaka, kyoto. Bagaiman suhu dan iklim di kota kota tsb? Mohon informasinya.terima kasih

  4. Masami

    Kalau Kita Ke Tokyo, Japan Itu Berapa Tiket Murah Ke Sana … Dan Jika Seperti Tanggal 3 mei Saya pergi Anggap … Selama 8 Hari apa Suhu Derajat … Mohon Informasinya .. Dan Terimah Kasih .

  5. Misa

    Kalau Ke Tokyo , Japan Itu Ada Tiket Murah nya ?
    Dan Jika Pergi Bulan apa Yg Bulan Semi ?
    Tetapi Jika Ke sana Bgmn Perbedaan Antara Yen Dan Ribuan ?
    JIka Ke sana Hrs Bhs Japan DI Bicara ?
    Bisa Pake Bhs Inggris ?
    Mohon Informasinya dan terima kasih ( Mohon Di Reply )

    1. Setau saya harga tiket pesawat murah itu sekitar 4,5 juta rupiah.
      Natsu (musim semi) dimulai 15 juli sampai 1 september.
      Untuk perbandingan Yen dan Rupiah. 1 ¥ = Rp. 100,- .
      Orang jepang kebanyakan sulit untuk berbahasa inggris.. Jarang skali mnemukan org jepang yg mahir berbahasa inggris.. Sebaiknya menggunakan bahasa jepang dlm percakapan..

      1. Misa

        Oooo , Jadi Tiket Murah nya itu Yah ~
        Tapi Pesawat Apa Yg Tiket nya murah ? Yg 4,5 Juga Itu Pesawat Mana Yah ?
        Tapi Zushi Bagus juga untk Org Indo ?
        Mohon Lagi Informasinya , Dan Terima Kasih ..

  6. Misa

    Oooo , Jadi Tiket Murah nya itu Yah ~
    Tapi Pesawat Apa Yg Tiket nya murah ? Yg 4,5 Juga Itu Pesawat Mana Yah ?
    Tapi Zushi Bagus juga untk Org Indo ?
    jika Kita Tour Ke jepang Untk 5 Org PP , Itu Berapa yah ? Dan Pesawat Apa Yah ?
    Klo Tour slama 2 Minggu Bs YAh ? Tapi Berapa ? Dan Pesawat Apa yah ?

    Mohon Lagi Informasinya , Dan Terima Kasih ..

  7. Anime

    konichiwa,,,
    mau nanya nih. urutan musim di jepang beneran kayak yg di atas itu?
    (summer, spring, fall, winter)
    kok setelah musim dingin langsung musim panas terus musim semi sama musim gugur gitu?

    aq tahunya musim panas sama musim dingin itu gak berurutan. harusnya ada satu musim (entah musim gugur atau musim semi) di antara 2 musim tersebut.
    mohon penjelasannya…..

    arigatou…

    1. konnichiwa..
      yg saya tulis itu cuma 4 macam musim aja, ga berurutan (menyebutkan 4 musim yg ada d jpng tanpa mengikuti urutan)..
      klo yg berurutan ada di akhir… di baca lagi aja… dah lengkap koq…
      itu urutannya.. beserta musim dan tanggalnya…
      cuma biar ga ada yg salah paham lg, 4 macam musim yg saya tulis sbelah atas, sudah diurutkan menurut wktunya.

  8. Riska

    kalau pada bulan desember ini,katanya musim dingin ya ? tepatnya pada tanggal berapa sampai tanggal berapa ? terima kasih sebelumnya 🙂

  9. Lilya

    Salam…mo nanya nih…rencananya sodaraku hendak ke Jepang sekitar tanggal 2 atau 3 Maret ini…kira2…bagaimana suhu di Jepang…tapi saya belum dapat kepastian daerahnya itu dimana…kalau misalnya musim semi apa saja persiapan yang diperlukan, kemungkinan mereka berada di sana sampai 20 Maret, apa perlu dipersiapkan Jaket yang tebal/bagaimana? Terimakasih infonya 🙂

  10. jessie

    saya mau ikut tur ke jepang akhir bln maret s/d awal april, dominasi sekitar tokyo , kira2 suhu udaranya dingin ato sudah, hangat ya, trus brp derajat pastinya? makasih ^____^

  11. saya mw ikut tur ke jepang tgl 28 maret s/d 4 april, kira2 berapa derajat suhu udara di sekitar tokyo, sudah hangatkah ato masih dingin? makasih ^_____^

  12. uliq

    permisi.. maaf mengganggu… saya berencana akan ke jepang november nanti.. bisa beri informasi musim apa kira2 november skitar tgl 25 ? makasi…

  13. sofia

    Hi, kalau pergi k jepang tgl 10 sept..berarti pas lagi musim semi yah,lebih cocok bwa pakaian yg kyk gmn yah? Mohon info n utk nilai rupiah ke yen skrg jalan brp yah? Thx.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s