Upacara Tradisonal dan Festival di Jepang


Upacara tradisional di Jepang kebanyakan berasal dari China. Hingga saat ini beberapa keluarga di Jepang masih menyelenggarakan upacara-upacara tradisional, meski pun beberapa diantaranya sudah mulai lenyap.

Adapun upacara yang masih dilaksanakan hingga saat ini adalah sebagai berikut:

  • Oshogatsu

Pada akhir bulan Desember orang jepang akan sibuk mempersiapkan perayaan tahun baru. mereka juga membuat kue mochi.  Adakalanya mereka memuat kue mochi beramai-ramai dengan mengenakan pakaian khas sambil diiringi semacam nyanyian atau kata-kata pemberi semangat. Pada tanggal 31 Desember di malam hari menjelang pukul 12 malam, mereka banyak yg menuju kuil ataupun menunggu di rumah. Merka menunggu lonceng berdebtang yang menandakan bergantinya tahun. Bunyi lonceng tersebut dinamakan JOYA NO KANE.

joya2

Orang Jepang pada bula Januari menyelenggarakan upacara Tahun Baru (oshogatsu). tahun baru bagi orang Jepang adalah sesuatu yang sangat penting. Orang-orang yang merantau untuk bekerja akan pulang ke kampung halamannya untuk merayakan tahun baru bersama keluarga.

Pada umumnya kantor, perusahaan ataupun pertokoan di Jepang akan meliburkan diri kurang lebih 4 hari, bahkan ada yang libur hingga 1 minggu.

Menjelang tahun baru mereka membersihkan rumah dan menghiasinya dengan sejenis tali yang dianggap suci, tali tersebut dalam bahasa Jepang disebut Shimenawa.

oshogatsu

Selain itu di kiri dan kanan pintu masuk dihiasi pohon cemara yang dalam bahasa jepang di sebut Kado Matsu.

kadomatsu

Para ibu memasak masakan yang tahan lama dan merupakan masakan khas tahun baru.

Orang Jepang mulai tanggal 1 Januari sampai kurang lebih 3 hari, tidak boleh melakukan kegiatan memasak terutama membuang sampah.

mochi

Pada tanggal 1 Januari mereka memakan ku Mochi yang terbuat dari ketan semacam ulen, dengan sup ozoni, yaitu sup yang terbuat dari sayur dan akar juga batang tumbuh-tumbuhan. Sup ini hanya dihidangkan pada acara tertentu.

ozouni_japanese_soup

orang Jepang pada pagi hari banyak yang pergi ke kuil-kuil Budha atau ke tempat-tempat suci agama Shinto.

  • Setsubun

Pada bula Februari orang Jepang mengadakan upacra Setsubun. Upacara ini sebagia tanda bahwa musim dingin yang panjang telah berakhir. Pada malam hari di waktu Setsubun, mereka mengadakan upacara mengusir setan dengan cara menabur-naburkan kacang. Adapun maksudnya adalah mengusir roh jahat dan mengundang dewa keberuntungan untuk masuk ke dalam rumah.

  • Hinamatsuri

Hinamatsuri adalah upacara tradisional untuk anak perempuan yang dilaksanakan pada tanggal 3 Maret setiap tahun.  Keluarga Jepang yang mempunyai anak perempuan akan menghias rumahnya dengan boneka-boneka Hina yang sudah merupakan 1 set pada tanggal tersebut.

hina

Besar kecilnya boneka tersebut tergantung pada kemampuan masing-masing. Pada hari ini anak-anak perempuan mengenakan kimoni yang bagus, saling berkunjung dengan teman dekatnya, dan duduk di depan boneka Hina sambil berbincang dan menikmati hidangan dengan riang gembira.

  • Koinobori

Koinobori adalah pesta anak laki-laki. Upacara ini dilaksanakan pada tanggal 5 Mei. Seperti halnya pesta Hina, pada pesta Koinobori pun keluarga Jepang yang memiliki anak laki-laki memajang boneka yang gagah perkasa atau pahlawan di dalam rumah.

Diluar rumah didirikan bendera yang berbentuk ikan yang mempunyai ekor yang panjang.

koinobori

Bendera itu melambangkan ikan yang gagah perkasa dan dapat menaiki air terjun. Diharapkan supaya anak laki-laki itu  dapat hidup gagah berani seperti yang dilambangkan oleh ikan tersebut.

  • Tanabata

Tanabata adalah festival bintang. Hal ini merupakan cerita atau kisah romantik dari China. Festival ini terdapat pada tanggal 7 Juli. Menurut kepercayaan mereka pada malam tanggal 7 Juli, satu kali dalam 1 tahun, Ushika (bintang sapi) menyebrangi ama no gawa (rasi bima sakti) untuk bertemu dengan Orihime (bintang putri tenun).

tanabata

  • Bon Matsuri

Upacara ini di tujukan untuk arwahRoh para leluhur atau nenek moyang. Di daerah Kanto upacara ini dilaksanakan pada bulan Juli dan di daerah Kansai pada bulan Agustus.

Menurut kepercayaan mereka, pada bulan ini Roh lelulhur atau nenek moyang turun kembali ke bumi. mereka merayakan upacara penyambutan roh nenek moyang mereka kembali ke rumah.

obon2

Pada hari terakhir, mereka juga mengadakan upacara mengantar roh nenek moyang. Mereka menyalakan lampu atau obor dengan tujuan menerangi jalan pulang Roh. di Kyoto ada sebuah gunung yang biasa di pakai untuk membuat semacam api unggun dengan bentuk huruf kanji DAI yang berarti besar di atas gunung tersebut yang akan terlihat kemana-mana.

daimonji

Api yang ada di atas gunung itu disbut DAIMONJI. Pada hari terakhir masyarakat Kyoto beramai-ramai menuju DAIMONJI dengan membawa obor mengantar nenek moyang mereka untuk kembali ke alam baka.

bon-odori

Tarian yang mereka tarikan disebut BON ODORI. Tarian tersebut biasanya dilakukan bersama di luar rumah atau di ruangan besar diikuti dengan bunyi bedug.

  • Shichi Go San

Yang dimaksud sich-go-san disini adalah usia anak. Di Jepang setiap tanggal 15 November merupakan hari upacara anak-anak.

sichi

Para orang tua yang mempunyai anak yang berusia 7 tahun, 5 tahun dan 3 tahun pada hari ini pergi membawa anak-anak tersebut ke kuil-kuil untuk bersembahyang.

shichi-go-san-boy-kyoto-heian-cc-kamoda

About these ads

5 responses to this post.

  1. Posted by Mino on January 21, 2010 at 11:21 am

    Wah ..
    Thanks atas info-nya ..

    Reply

  2. Posted by Cantika Nurul Nadya on October 23, 2011 at 1:56 pm

    Wah? Wah? :D aku lahir tanggal 15 November.. unyu.. unyu.. ternyata hari upacara anak.. pantesan sifatku kaya anak-anak mulu.. *gak nyambung*
    Yosh! Thanks buat Infonya ya! :D
    kembangkan!!

    Reply

  3. Posted by lionelsi on June 20, 2012 at 2:16 pm

    hahahah aq februari, ternyata ngusirr arwah or setan
    pantesan gua jadi setan merah

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: